Translate

Saturday, November 14, 2015

4 Fakta mengejutkan di Pinterest

Fakta-fakta Mengejutkan di Pinterest yang perlu anda Pertimbangkan dalam strategi pemasaran.
Pinterest, sekalipun sudah lama berdiri sebagai sebuah media sosial yang berbeda dengan umumnya media sosial, namun masih ada beberapa fakta yang belum diketahui oleh banyak orang yang bisa anda pertimbangkan untuk strategi Pemasaran seperti di bawah ini.




  
1.   Jumlah Pin
Jumlah Pin tidak menentukan Popularitas Pin Anda.  Sebagai contoh saya ambil akun Dianne Warning yang hanya memiliki 1 papan, 13 Pin dan 2.200 pengikut, namun berhasil membuat Pin dia disukai oleh 6300 orang.  Papan yang dimiliki oleh Dianne Warning hanya memuat gambar-gambar sepatu wanita.  Jadi jika anda memiliki koleksi pin sedikit, baik desain anda sendiri untuk usaha atau blogging atau dari web orang  tapi unik ataupun menarik bagi banyak orang, saya yakin akan banyak Pinners yang akan mengikuti dan menyukai pin-pin yang anda miliki.



Gambar di bawah ini menunjukkan fakta yang mendukung kesimpulan saya di atas.

Add caption


2.    Data Demografi Pinterest
Berdasarkan Pinterest Analitik terhadap lalu lintas pengunjung dalam 30 hari terakshi,,  Data Demografi untuk Semua Pemirsa dari semua Aplikasi menunjukkan bahwa  Pengunjung Pinterest yang aktif didominasi dari 4 negara, yaitu Amerika Serikat (79,17 %), Kanada (8,71 %),  Indonesia (7,65) dan Mexico (4,23 %).  Akurasi data bisa berubah sewaktu-waktu namun dominasi pengunjung dari Ameriksa Serikat sulit ditembus  karena Pinterest masih membatasi Pembelian .Pin atau barang lainnya melalui akun Pinterest terhadap penjual terpercaya hanya untuk warga negara Amerika Serikat.   Beberapa waktu mendatang, kemungkinan Pinterest akan membuka sarana Jual-Beli ini di negara lain.  Indonesia kemungkinan akan menjadi target pemasaran Pinterest yang utama setelah Kanada.



Data Gender menunjukkan bahwa pengunjung di dominasi oleh perempuan /wanita  (sekitar 74 %).
Untuk pengusaha eksportir atau berorientasi ekpor atau penyuplai eksportir,  data ini tentu cukup berarti.

3.    Minat Pemirsa di Pinterest berdasaran Pinterest Analitik
Minat Dominan terkini di Pinterest adalah Interest terhadap Seni, Fotografi,Gambar Lucu, Seni Jalanan, Perjalanan, Teknologi, Kutipan Inspiratif, Alam, Perabot.  Hal ini tentu akan terus berubah seiring dengan Trend Pengepin .  Beberapa waktu yang lalu, Fashion, Resep Makanan dan Home Decor sempat menjadi Trend di Pinterest


4.      Merek  atau Brand yang dominan di Pinterest

     
     Saat ini, sesuai dengan trend terbaru,  kebanyakan merek yang mendominasi untuk seluruh pemirsa di Pinterest adalah sarana Blogging seperti Tumblr, Wordpress, Blogloving atau situs yang memuat karya multimedia seperti Youtube (video), Photobucket, Flickr, 500px (Fotografi dan Illustrasi) serta situs belanja online seperti You tube dan Media Sosial seperti Twitter.

No comments:

Post a Comment