Fakta-fakta Mengejutkan di Pinterest yang perlu anda
Pertimbangkan dalam strategi pemasaran.
Pinterest, sekalipun sudah lama berdiri sebagai sebuah media
sosial yang berbeda dengan umumnya media sosial, namun masih ada beberapa fakta
yang belum diketahui oleh banyak orang yang bisa anda pertimbangkan untuk
strategi Pemasaran seperti di bawah ini.
1. Jumlah
Pin
Jumlah Pin tidak menentukan
Popularitas Pin Anda. Sebagai contoh
saya ambil akun Dianne Warning yang hanya memiliki 1 papan, 13 Pin dan 2.200
pengikut, namun berhasil membuat Pin dia disukai oleh 6300 orang. Papan yang dimiliki oleh Dianne Warning hanya
memuat gambar-gambar sepatu wanita. Jadi
jika anda memiliki koleksi pin sedikit, baik desain anda sendiri untuk usaha
atau blogging atau dari web orang tapi
unik ataupun menarik bagi banyak orang, saya yakin akan banyak Pinners yang
akan mengikuti dan menyukai pin-pin yang anda miliki.
Gambar di bawah
ini menunjukkan fakta yang mendukung kesimpulan saya di atas.
Add caption |
2. Data Demografi Pinterest
Berdasarkan Pinterest Analitik
terhadap lalu lintas pengunjung dalam 30 hari terakshi,, Data
Demografi untuk Semua Pemirsa dari semua Aplikasi menunjukkan bahwa Pengunjung Pinterest yang aktif didominasi
dari 4 negara, yaitu Amerika Serikat (79,17 %), Kanada (8,71 %), Indonesia (7,65) dan Mexico (4,23 %). Akurasi data bisa berubah sewaktu-waktu namun
dominasi pengunjung dari Ameriksa Serikat sulit ditembus karena Pinterest masih membatasi Pembelian .Pin
atau barang lainnya melalui akun Pinterest terhadap penjual terpercaya hanya
untuk warga negara Amerika Serikat. Beberapa
waktu mendatang, kemungkinan Pinterest akan membuka sarana Jual-Beli ini di
negara lain. Indonesia kemungkinan akan
menjadi target pemasaran Pinterest yang utama setelah Kanada.
Data Gender menunjukkan bahwa
pengunjung di dominasi oleh perempuan /wanita
(sekitar 74 %).
Untuk pengusaha eksportir atau
berorientasi ekpor atau penyuplai eksportir,
data ini tentu cukup berarti.
3. Minat
Pemirsa di Pinterest berdasaran Pinterest Analitik
Minat Dominan
terkini di Pinterest adalah Interest terhadap Seni, Fotografi,Gambar Lucu, Seni
Jalanan, Perjalanan, Teknologi, Kutipan Inspiratif, Alam, Perabot. Hal ini tentu akan terus berubah seiring
dengan Trend Pengepin . Beberapa waktu
yang lalu, Fashion, Resep Makanan dan Home Decor sempat menjadi Trend di
Pinterest
4. Merek
atau Brand yang dominan di Pinterest
Saat ini, sesuai dengan trend
terbaru, kebanyakan merek yang
mendominasi untuk seluruh pemirsa di Pinterest adalah sarana Blogging seperti Tumblr,
Wordpress, Blogloving atau situs yang memuat karya multimedia seperti Youtube
(video), Photobucket, Flickr, 500px (Fotografi dan Illustrasi) serta situs
belanja online seperti You tube dan Media Sosial seperti Twitter.
No comments:
Post a Comment